Login

Prosedur dan Formulir Permohonan informasi




Berikut ini Adalah Prosedur Permohonan Informasi Di Pengadilan.
 
A. UMUM

1.  Prosedur Pelayanan Informasi Di Pengadilan Terdiri Dari:
     -    Prosedur Biasa; dan
     -    Prosedur Khusus.
 
2. Prosedur Biasa Digunakan Dalam Hal :
    -    Permohonan Disampaikan Secara Tidak Langsung, Baik Melalui Surat atau Media Elektronik;
    -    Informasi yang Diminta Bervolume Besar;
    -    Informasi yang Diminta Belum Tersedia; atau
    -    Informasi yang Diminta Adalah Informasi yang Tidak Secara Tegas Termasuk Dalam Kategori Informasi
         yang Harus Diumumkan atau Informasi yang Harus Tersedia Setiap Saat dan Dapat Diakses Publik atau
         Informasi yang Secara Tegas Dinyatakan Sebagai Informasi yang Rahasia Sehingga Harus Mendapat Izin
         dan Diputuskan Oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

3. Prosedur Khusus Digunakan Dalam Hal Permohonan Diajukan Secara Langsung dan Informasi yang Diminta :
    -     Termasuk Dalam Kategori yang Wajib Diumumkan;
    -     Termasuk Dalam Kategori Informasi yang Dapat Diakses Publik dan Sudah Tercatat Dalam Daftar
          Informasi Publik dan Sudah Tersedia (misal : sudah diketik atau sudah diterima dari pihak atau
          Pengadilan lain);
    -     Tidak Bervolume Besar (jumlahnya tidak banyak); dan/atau
    -     Perkiraan Jumlah Biaya Penggandaan dan Waktu yang Dibutuhkan Untuk Penggandaan Dapat Dilakukan
          Dengan Mudah.

4. Alasan Permohonan Informasi yang Dibuat Pemohon Tidak Dapat Dijadikan Alasan Untuk Menolak Pemberian
    Informasi.

5. Petugas Informasi Wajib Membantu Pemohon Informasi Dalam Mengajukan Permohonan.

6. Khusus Informasi Untuk Mendapatkan Fotokopi Putusan Mahkamah Agung Baru Dapat Diminta Setelah
    Putusan Tersebut Diterima Oleh Para Pihak yang Berperkara atau Setelah 1 (Satu) Bulan Sejak Putusan
    Tersebut Dikirimkan Oleh Mahkamah Agung Ke Pengadilan Tingkat Pertama dan Tingkat Banding.


PROSEDUR BIASA
         
     -    Pemohon Mengisi Formulir Permohonan Informasi yang Disediakan Pengadilan dan Memberikan
          Salinannya Kepada Pemohon (Format Formulir Model A Dalam Lampiran III). Untuk Formulir
          Permohonan Informasi Dapat Didownload Dibawah ini :

          Formulir Permohonan Informasi Model A Prosedur Biasa
 
     -    Petugas Informasi Mengisi Register Permohonan (Format Register Permohonan Dalam Lampiran IV);
     -    Petugas Informasi Langsung Meneruskan Permohonan Kepada Penanggungjawab Informasi Di Unit
          /Satuan Kerja Terkait, Apabila Informasi yang Diminta Tidak Termasuk Informasi yang Aksesnya
          Membutuhkan Izin Dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID);
     -    Petugas Informasi Langsung Meneruskan Formulir Permohonan Kepada Pejabat Pengelola Informasi
          dan Dokumentasi (PPID) Apabila Informasi yang Diminta Termasuk Informasi yang Aksesnya
          Membutuhkan Izin Dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Guna Dilakukan Uji
          Konsekuensi;
     -    Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Melakukan Uji Konsekuensi Berdasarkan
          Pasal 17 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Terhadap Permohonan yang Disampaikan;
     -    Dalam Jangka Waktu 5 (Lima) Hari Kerja Sejak Menerima Permohonan, Pejabat Pengelola Informasi
          dan Dokumentasi (PPID) Menyampaikan Pemberitahuan Tertulis Kepada Petugas Informasi, Dalam
          Hal Permohonan Ditolak (Untuk Menolak Permohonan : Format Pemberitahuan Tertulis Surat Keputusan
          Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam Lampiran V);
     -    Dalam Jangka Waktu 5 (Lima) Hari Kerja Sejak Menerima Permohonan, Pejabat Pengelola Informasi
          dan Dokumentasi (PPID) Meminta Penanggungjawab Informasi Di Unit/Satuan Kerja Terkait Untuk
          Mencari dan Memperkirakan Biaya Penggandaan dan Waktu yang Diperlukan Untuk Menggandakan
          Informasi yang Diminta dan Menuliskannya Dalam Pemberitahuan Tertulis Pejabat Pengelola Informasi
          dan Dokumentasi (PPID) Model B Dalam Waktu Selama-lamanya 3 (Tiga) Hari Kerja Serta
          Menyerahkannya Kembali Kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Untuk
          Ditandatangani, Dalam Hal Permohonan Diterima (Untuk Memberikan Izin : Format Pemberitahuan
          Tertulis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dalam Lampiran VI);
     -    Petugas Informasi Menyampaikan Pemberitahuan Tertulis Sebagaimana Dimaksud Butir 6 atau Butir 7
          Kepada Pemohon Informasi Selambat-lambatnya Dalam Waktu 1 (Satu) Hari Kerja Sejak Pemberitahuan
          Diterima;
     -    Petugas Informasi Memberikan Kesempatan Bagi Pemohon Apabila Ingin Melihat Terlebih Dahulu
          Informasi yang Diminta, Sebelum Memutuskan Untuk Menggandakan atau Tidak Informasi Tersebut;
     -    Dalam Hal Pemohon Memutuskan Untuk Memperoleh Fotokopi Informasi Tersebut, Pemohon
          Membayar Biaya Perolehan Informasi Kepada Petugas Informasi dan Petugas Informasi Memberikan
          Tanda Terima (Format Tanda Terima Biaya Penggandaan Informasi Dalam Lampiran VII);
     -    Dalam Hal Informasi yang Diminta Tersedia Dalam Dokumen Elektronik (Soft Copy), Petugas Informasi
          Pada Hari yang Sama Mengirimkan Informasi Tersebut Ke Email Pemohon atau Menyimpan Informasi
          Tersebut Ke Alat Penyimpanan Dokumen Elektronik yang Disediakan Oleh Pemohon Tanpa Memungut
          Biaya;
     -    Petugas Informasi Menggandakan (Foto Copy) Informasi yang Diminta dan Memberikan Informasi
          Tersebut Kepada Pemohon Sesuai Dengan Waktu yang Termuat Dalam Pemberitahuan Tertulis
          atau Selambat - lambatnya Dalam Jangka Waktu 2 (dua) Hari Kerja Sejak Pemohon Membayar
          Biaya Perolehan Informasi;
     -    Pengadilan Dapat Memperpanjang Waktu Sebagaimana Dimaksud Butir 12 Selama 1 (Satu) Hari Kerja
          Apabila Diperlukan Proses Pengaburan Informasi dan Selama 3 (Tiga) Hari Kerja Jika Informasi yang
          Diminta Bervolume Besar;
     -    Untuk Pengadilan Di Wilayah Tertentu yang Memiliki Keterbatasan Untuk Mengakses Sarana Foto
          Copy, Jangka Waktu Sebagaimana Dimaksud Dalam Butir Dapat Diperpanjang Selama Paling Lama
          3 (Tiga) Hari Kerja;
     -    Setelah Memberikan Foto Copy Informasi, Petugas Informasi Meminta Pemohon Menandatangani
          Kolom Penerimaan Informasi Dalam Register Permohonan.  


PROSEDUR KHUSUS

     -   
Pemohon Mengisi Formulir Permohonan yang Disediakan Pengadilan (Format Formulir Permohonan
          Model B Dalam Lampiran VIII). Formulir Permohonan Informasi Dapat Didownload Dibawah ini :

          Formulir Permohonan Informasi Model B Prosedur Khusus

     -    Petugas Informasi Mengisi Register Permohonan (Format Register Permohonan Dalam Lampiran IV);
     -    Petugas Informasi Dibantu Penanggungjawab Informasi Di Unit/Satuan Kerja Terkait Mencari Informasi
          yang Diminta Oleh Pemohon dan Memperkirakan Biaya Perolehan Informasi dan Waktu yang
          Dibutuhkan Untuk Penggandaannya;
     -    Apabila informasi yang Diminta Telah Tersedia dan Tidak Memerlukan Izin Pejabat Pengelola Informasi
          dan Dokumentasi (PPID), Petugas Informasi Menuliskan Keterangan Mengenai Perkiraan Biaya
          Perolehan Informasi dan Waktu yang Dibutuhkan Untuk Penggandaannya Dalam Formulir Permohonan
          yang Telah Diisi Pemohon (Format Formulir Pemohonan Model B Dalam Lampiran VIII);
     -    Proses Untuk Pembayaran, Penyalinan dan Penyerahan Salinan Informasi Kepada Pemohon Dalam
          Prosedur Khusus, Sama Dengan yang Diatur Untuk Prosedur Biasa Dalam Butir 10 Sampai Dengan
          Butir 15;
     -    Petugas Informasi Memberikan Kesempatan Bagi Pemohon Apabila Ingin Melihat Terlebih Dahulu
          Informasi yang Diminta, Sebelum Memutuskan Untuk Menggandakan atau Tidak Informasi Tersebut.  

*) Sumber Informasi :